20
Nov
08

Tips mengatasi penyakit symbian dari bang CU-MI

golpulogo Anda mungkin pernah mengalami hal ini: ketika membuka game atau aplikasi ponsel, tiba-tiba muncul pesan “App close main error”.
Alih-alih menjalankan aplikasi yang diinginkan, membukanya aja ngga bisa….!

Apa penyebabnya?

Applications closed, ini sering dialami pengguna ponsel S60 seperti Nokia 7650, 3650, 6600, 7610, 6630 dst.
Meski menjadi masalah klasik tapi ternyata banyak juga yang belum tau cara mengatasinya.

Terus gimana dong caranya..??

Tenang, sebagai seorang yang baik hati, saya akan berbagi sedikit dari yang saya tau tentang masalah ini.
*jayus mode on*

APP CLOSE MAIN ERROR

Secara teknis, munculnya pesan “applications error” terjadi karena kesalahan informasi yang dibutuhkan ponsel.
Aliran data antara SDRAM (penyimpan data sementara), FLASH MEMORY (penyimpan data tetap; bisa diasumsikan seperti hard-disk pada kompi) dan UPP (prosesor lalu-lintas data = polantas) ngga berjalan serasi sehingga ada informasi yang ngga sampai ke ponsel.
Simpelnya sih, ngga nyambung gitu loh..!!

Gangguan ini bisa jadi karena proses instalasi aplikasi yang ngga sempurna, penggunaan aplikasi bajakan, memory yang terlalu penuh atau terlalu sering bongkar pasang aplikasi yang menyebabkan rusaknya file system dan registry.

Dan cara mengatasinya adalah…..
Eng… ing… eng…..

Ngopi dulu ah…

Oke kita mulai…
Nah, anda bisa pilih salah satu cara dibawah ini atau coba satu-satu hingga masalah ponsel anda teratasi.

1. Uninstall aplikasi yang anda curigai .

Ingat-ingat kapan ponsel anda berfungsi dengan baik sebelum anda menginstall aplikasi tertentu dan muncul pesan berbahaya ini. Caranya silahkan anda masuk ke MENU>>TOOL>>MANAGER kemudian pilih aplikasi yang akan anda uninstall. Setelah itu pilih OPTIONS>>REMOVE.

2. Menghidupkan ponsel tanpa MMC.

Terkadang gangguan “applications closed” juga disebabkan karena aplikasi yang ada di MMC tidak bekerja sempurna atau MMC mengalami kerusakan. eh taukan MMC itu apa? Kalo ngga tau mendingan baca blog nya bro decidenotdecide aja deh… percuma nerusin baca postingan ini mah…

3. Menghapus dan memperbaiki boot data.

Caranya:
a. Install dan jalankan Applikasi File Manager, disini saya menggunakan FExplorer.

b. Buka file dengan nama firstboot.dat di folder C:\system\bootdata\

c. Hapus file tersebut dengan memilih Optionsfiledelete

d. Selanjutnya matikan ponsel anda dan cabut MMC-nya

e. Nyalakan ponsel tanpa MMC (jika langkah ini berhasil anda akan diminta memasukkan data tanggal dan waktu)

f. Matikan kembali ponsel.

g. Masukkan kembali MMC kedalam ponsel.

h. Nyalakan kembali ponsel dengan MMC didalamnya

i. Jika pesan ‘Applicatons Closed” tidak muncul, berarti cara ini berhasil mengatasi gangguan tersebut.

Keuntungan dari cara ini adalah anda tidak perlu mem-format ponsel sehingga data ponsel aman, tapi… ada tapinya nih. Tips ini juga punya efek samping yaitu akan merubah susunan menu utama sehingga anda mungkin tidak menemukan ikon applikasi yang biasa terdapat didalamnya.
Tapi tenang bro…
Jangan nangis dulu…
Untuk mengatasinya, sebelum melakukan tips diatas sebaiknya anda mem-backup aplikasi.
Caranya..??

a. Jalankan program file manager semisal FExplorer.

b. Masuk ke C:\system\data dan temukan file applications.dat

c. Pilih optionsedit copy

d. Simpan hasil salinan (copy) ketempat aman, misalnya dilemari… eh MMC.

e. Selanjutnya anda bisa memulai langkah-langkah tadi.

f. Setelah selesai masukkan kembali file applications.dat kedalam folder C:\system\data. Ganti file tersebut dengan file yang anda back-up tadi.

Beres deh…..

4. memformat ulang ponsel
cara ini merupakan langkah terakhir, bila anda sudah mentok atau langkah-langkah diatas tidak menyelesaikan masalah anda, barulah anda boleh menggunakan cara ini. Resikonya, tentu saja semua data yang ada di ponsel akan hilang (kecuali yang ada di MMC.

Untuk melakukannya anda mengikuti langkah-langkah ini:
a. Matikan ponsel
b. Tekan tombalo “call” (ikon gagang tilpon warna hijau) tanda * (bintang) dan tombol 3 secara bersamaan.
c. Masih dalam keadaan menekan 3 tombol tersebut, nyalakan ponsel anda.
d. Selanjutnya ponsel akan melakukan proses formatting.

Selesai broo….
Udah dulu ah…
Ngantuk nih.

itu tadi tips dari bang cu-mi

buat yang mau kunjungi langsung silahkan klik disini

Iklan

0 Responses to “Tips mengatasi penyakit symbian dari bang CU-MI”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


ketika kita memiliki seseorang yang berarti buatlah dia selalu merasa behagia karna kebahagaan adalah hal terpenting dalam hidup manusia jangan sampai penysalan datang pada diri kita saat orang yang kita sayangi pergi sebelum kita pernah membahagiakannya sebab penyesalan adalah hantu paling menakutkan dalam kehidupan manusia
November 2008
S S R K J S M
    Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

cinta tak terbalas

Banner Exchange

Arsip

Iklan

%d blogger menyukai ini: